BIONATION (Biology National Seminar On Conservation)

bionation

Bionation (Biology National Seminar On Conservation) diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran (Himbio FMIPA Unpad). Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Oktober 2016. Di ruang serbaguna gedung 2 Universitas Padjadjaran kampus Dipati Ukur. Kegiatan yang diadakan berupa pematerian dan tanya jawab. Tema dari acara ini adalah konservasi hayati Jawa Barat dan sebagai sarana untuk mencerdaskan peserta tentang konservasi hayati Jawa Barat itu sendiri.  Konservasi hayati Jawa Barat dipilih sebagai tema karena menurunnya sumber keanekaragaman hayati Jawa Barat setiap tahunnya, sehingga diperlukan pencerdasan terhadap peserta agar dapat menginspirasi mereka untuk menjaga sumber hayati terutama di daerah Jawa Barat.

Seminar ini menghadirkan pembicara : Parikesit, M.Sc., Ph.D (Visiting Associate Professor University of Tokyo – Biologi Unpad), Prof. Dr. Ani Mardiastuti, M.Sc (Ketua Dewan Perhimpunan Burung Indonesia – Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata IPB), Prof. Dr. Djoko Tjahjono Iskandar (Penerima Habibie Award Bidang Ilmu Dasar – Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB) dan Prof. Oekan Soekotjo Abdoellah, MA., Ph.D (Visiting Professor at University of Tokyo and Kyoto University – Antropologi Unpad). Bionation terdiri dari rangkaian acara, selain seminar nasional, adapula perlombaan yaitu lomba penulisan esai dan fotografi. Lomba esai dibuka untuk pelajar SMA dan mahasisawa sedangkan fotografi hanya terbuka untuk mahasiswa. Acara ini terbuka untuk umum dengan jumlah peserta 170 orang.

“Peserta saya harap dapat mendapatkan ilmu dan dapat memanfaatkannya dalam waktu dekat, mengingat gentingnya sumber hayati di Jawa Barat. Semoga  seminar seperti ini dapat dijadikan proker tahunan.” ucap Leinard selaku ketua pelaksana. (persfmipa)