DONOR DARAH

Acara donor darah  diadakan selama 3 hari dari tanggal 16-18 Mei 2016. Untuk hari pertama diadakan di Gedung R. A 1.7  PPBS Unpad yang dimulai pukul 13.30 hingga pukul 15.30. Hari kedua diadakan di gedung Departemen Kimia dimulai pukul 10.00 hingga pukul 14.30, lalu dihari terakhir diadakan di lobby gor djati pukul 10.00 hingga pukul 15.00. Tujuan diadakannya acara ini meningkatkan kesadaran Civitas Akademika Unpad untuk membantu orang orang yang membutuhkan transfusi darah. Untuk sasaran acara donor darah ini adalah Civitas Akademika Unpad, lalu untuk targetnya terkumpul 125 labu darah yg siap ditransfusikan melalui PMI. Jumlah peserta yang ikut donor darah terdapat 274 orang, dan labu yg terkumpul sebanyak 175 labu darah. Suasana yang terjadi disaat donor darah terlaksana banyak orang yang antusias untuk mendonorkan darah mereka. Manfaat dari kegiatan donor darah sendiri adalah terbantunya PMI dalam mengumpulkan labu-labu darah untuk ditransfusikan kepada orang2 yg membutuhkan, bagi pendonor sendiri donor darah ini bermanfaat bagi kesehatan mereka.

 

Rangkaian disaat acara donor darah terlaksana, langkah pertama mengisi absensi dan pengambilan formulir di meja registrasi  lalu pengecekan kondisi tensi dan hb darah oleh dokter, dan bagi yang lolos cek tensi dan hb baru bisa mendonorkan darahnya. Persiapan acara  sebelum hari H tiba dimulai dari pembentukan panitia, penyusunan proposal, surat izin kegiatan dan permohonan dana, kemudian peminjaman tempat. Setelah itu mulai membahas keperluan logistik dan konsumsi hari H, pubdok membuat poster dan dipublikasikan H-3 acara. Pada hari H, sebelum acara dimulai panitia menyiapkan logistik di lokasi dan membantu mobilisasi logistik PMI, dan konsumsi bersiap membuatkan teh untuk pendonor dan konsumsi PMI.

Terdapat kesan pesan pada saat acara donor darah:

 “Alhamdulillah kegiatan donor darah selama 3 hari  beralan lancar dan semoga labu2 darah yg sudah terkumpul dapat benar bermanfaat bagi orang orang yg membutuhkan” –Reyhana Indah Kurnia