IDM DAN TECHNOPRENEUR KUATKAN HARDSKILL DI BIDANG IT

IDM2

IDM

Menjadi seorang IT tidak cukup hanya balajar melalui kuliah formal yang di kelas saja. Hardskill merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh seorang  juga bisa didapatkan dengan mengikuti berbagai workshop.

Oleh karena itu, Himatif FMIPA Unpad mengadakan acara ini dengan tujuan meningkatkan hardskill mahasiswa yang bergelut di bidang IT, yaitu IDM dan Technopreneur. Tidak hanya dibuka untuk anak-anak TI Unpad tetapi IDM ini juga untuk mahasiswa TI se-Bandung Raya.

IDM yang merupakan singkatan dari Informatics Development Month adalah sebuah proker dari Departemen RdP ( Riset dan Pengembangan ) Himatif FMIPA Unpad 2015. Kegiatan ini terdiri dari pematerian mengenai xaml dan workshop mengenai bagaimana cara membuat sebuah aplikasi yang kece maksimal. Aplikasi yang dibikin merupakan universal apps. Kegiatan workshop ini dilaksanakan juga dengan bekerja sama dengan radialapps dan dicoding.

Agar kegiatan materi dan workshop IDM ini tak terlupakan sia-sia, maka panitia pun mengadakan follow-up berupa lomba membuat aplikasi dalam dua minggu yang nanti akan dipresentasikan dan dinilai oleh juri yang kece dari dicoding. Pemenang lomba ini nantinya akan diumumkan pada saat acara seminar Technopreneur pada tanggal 30 Mei 2015.

Technopreneur, “Build Yor Bussiness with IT

Selain IDM, ada lagi serangkaian acara yang berhubungan dengan ini, yaitu seminar TECHNOPRENEUR “Build Yor Bussiness with IT”. Seminar kewirausahaan berbasis IT yang dilakasanakan pada Sabtu, 30 Mei 2015 ini diikuti bukan hanya oleh anak-anak Unpad saja lhooo. Ada banyak temen-temen dari Polban, ITB, Unikom, dan bahkan ada seorang anak yang datang dengan orang tuanya jauh jauh dari Indramayu juga 😀

Yusuf Septiananda, Ketua Himatif FMIPA Unpad mengatakan, “Mahasiswa jangan mau kalau cuma melamar kerja, tapi juga harus berusaha, karena otak kita tidak bisa digaji dengan jutaan tapi dihargai dengan milyaran”.

Pembicara yang hadir dalam seminar Technopreneur ini adalah :

  1. Rizky Afdolina (Google Student Ambassador Unpad)
    Hal yang dibahas disini adalah bagaimana caranya kita dalam memanfaatkan digital marketing, yang akan sangat menguntungkan seorang pebisnis dalam promosi/branding dan hemat penggunaan biaya.
  1. Aditya Dwi Perdana (Co-Founder Agate Studio)

Disini ia mengatakan bahwa start up game ini terbentuk bermula pada saat ia dan teman-temannya berada pada tingkat tiga saat ia masih kuliah. Bersama teman-teman yang juga memiliki passion yang sama, ia bangun bisnis game yang bernama Agate Studio ini.

  1. Frianto Moerdowo (Founder Jarvis Store)

Akang yang satu ini mulai membuat platform toko online saat ia masih kuliah, yang kemudian mulai diseriusin setelah lulus kuliah.

  1. Wiliam Lautama (Dealmaker @ Diskas & KKI Partner)

Pada seminar yang lalu, ada beberapa tips yang disebutkan untuk membangun sebuah startup, yaitu : find most pain problem around you, know your  costumer, provide unique solution, dan validate!

  1. Zefri Kurnia Salman (Founder IDE MEDIA)

“Ada 2 hal penting yang perlu dijaga dalam sebuah bisnis startup : manajemen dan proposal.” Ia mengatakan bahwa proposal disini juga berfungsi sebagai media untuk mengenalkan produk kita ke kawasan luas.

Nah gimana? Banyak banget kan sharing pengalaman yang bisa jadi pembelajaran dan ilmu bermanfaat yang dapat diserap dan bisa diaplikasikan dalam bisnis kita nantinya dari seminar ini. Ternyata untuk memulai sebuah usaha paling baik itu adalah pada saat dan masa-masanya kita masih sebagai mahasiswa ini, dimana pengalaman dapat digarap sebanyak-banyaknya dan membangun relasi seluas-luasnya, daripada menunggu setelah lulus kuliah.

Terakhir nih, di penghujung acara Technopreneur ada pengumuman pemenang dari lomba IDM yang telah dinilai oleh dewan juri dari projek yang telah dipresentasikan oleh peserta. Berikut adalah aplikasi dari pemenang dari lomba IDM tersebut :

  1. Kamus Sunda-Indo-English (Polban),
  2. Go-green (Unpad),
  3. Game elastic tembak-tembakan (Unpad).

Berikut ini adalah foto para pemenang lomba IDM 2015 :

IDM3

***