Informatics Festival

iFest akronim dari Informatics Festival ini, merupakan proker (Program Kerja) Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMATIF) yang dilaksanakan oleh departemen Hubungan Eksternal dan departemen Minat Bakat. Proker yang termasuk proker unggulan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan eksistensi Himatif dan juga mempererat hubungan Himatif dengan himpunan mahasiswa informatika lainnya se-Bandung Raya. Berisikan tiga sub-Kegiatan yaitu Futsal Competition, Seminar and Talkshow, dan Acoustic Festival, iFest  memulai launching nya  pada tanggal 12 September 2015.

Futsal Competition, di laksanakan berbarengan dengan pembukaan iFest, kegiatan ini berlangsung selama 1 bulan penuh dan dikuti oleh 15 team dari 9 universitas yang ada di daerah bandung raya yaitu UIN Bandung, UPI , Unikom, Itenas, Maranatha, Unjani, Unpad, Polban, ITHB, dan ITB. Menggunakan sistem group pada penyisihan dan sistem cup dalam perdelapan final, event ini berjalan seru hingga mempertemukan Itenas dan Unjani di babak final yang dilaksanakan di bale futsal santika Universitas Padjadjaran.

Seminar dan Talkshow, menggambil topik tentang Web dan cloud drive, kegiatan ini berhasil menarik peserta lebih dari 200 orang. Di selenggarakan di Bale Santika Universitas Padjadjaran pada tanggal 17 Oktober 2015, Seminar dan talkshow ini di isi oleh beberapa tokoh penting dari dunia informatika yaitu M.Ymain El Rust CEO PT Nawala Nusantara dan Executive Director Yayasan Nawala Nusantara, Andri Johandri Founder Streaming Rakyat & Pakar TV Streaming Indonesia, dan Chairul Afif Relation Officer Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (pandi).

Di hari yang sama yaitu sabtu 17 Oktober 2015 setelah berakhirnya Seminar dan talkshow, acoustic festival pun berlangsung. Menggunakan konsep malam informatika kegiatan ini di isi dengan penampilan-penampilan yang menghibur seperti stand up commedy, dance, penampilan band dan tentunya penampilan akustik dari beberapa perwakilan informatika se-Bandung Raya. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai pesta berakhirnya runtutan acara Informatics Festival. Di akhir kegiatan ini peserta malam informatika seperti dibawa ke sebuah club malam dimana para peserta seperti di tarik untuk berjoget dan bersantai dengan alunan musik DJ sambil meminum minuman soda layaknya pesta yang ada di film-film hollywood.

Itulah sederetan Kegiatan dari Informatics Festival, harapan positif terus bermunculan untuk kegiatan yang baru dilaksanakan tahun 2015 ini dan iFest ini merupakan salah satu dari langkah eksistensi Himatif yang baru berusia 2 tahun. Meskipun kegiatan awal namun event ini merupakan bagian dari anak tangga Himatif untuk terus berkembang.  “Semoga  di tahun depan ifest tetap ada  dengan pengembangan rangkaian dan konten yang semakin meriah juga peserta yang terlibat semakin banyak dan untuk Himatif semoga di tahun depan kepengurusannya lebih solid, lebih baik dan lebih banyak berkontribusi untuk fakultas MIPA, Unpad juga  untuk Indonesia. ” – Fahmi Surya Marketing Informatics Festival.jpg ifest

gambar  pemenang iFest futsal competition