12/04/2015

Kemenkoan Sosial Politik dan Lingkungan (SOSPOLING)

KEMENTRIAN KOORDINASI SOSPOLING (sosial, politik, lingkungan)

Menteri Koordinator Sosial Politik dan Lingkungan berfungsi untuk mengoordinasikan, mengawasi, mengontol, dan memberikan pertimbangan-pertimbangan yang dianggap perlu terhadap kementerian yang berada dibawah kendali Menko Sosial Politik dan Lingkungan, yaitu Kementrian Apresiasi dan Kesejahteraan Mahasiswa, Kementrian Sosial Masyarakat, Kementrian Lingkungan, dan Kementrian Kajian Strategis. Menko Sosial Politik dan Lingkungan menyoroti isu-isu seputar advokasi terhadap aspirasi dan kesejahteraan mahasiswa serta isu fasilitas kampus, pendidikan, pelayanan mahasiswa, isu lingkungan hidup, serta isu permasalahan dibidang sosial dan politik yang sedang terjadi ditengah masyarakat. Menko Sosial Kesejahteraan Mahasiswa bertanggung jawab kepada Presiden dan wakil presiden.

  • Kementrian Apresiasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Apkesma)

Kementerian yang menangani berbagai hal yang berhubungan dengan advokasi dengan pihak dekanat terkait masalah-masalah kemahasiswaan seperti beasiswa, pembebasan UKT (baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama), sistem akademik, dan pemenuhan kebutuhan para fresh graduate untuk mendapatkan pengetahuan tentang pendidikan lanjutan dan lapangan pekerjaan, serta meningkatkan pelayanan penginformasian mengenai beasiswa, ataupun akademik, dan secara tidak langsung bertanggung jawab terhadap kesejahteraan mahasiswa FMIPA dalam hal akademik.

  • Kementrian Sosial Masyarakat (Sosma)

Kementerian yang merupakan wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga, yaitu pengabdian kepada masyarakat, sehingga fokus terhadap keadaan masyarakat pada umumnya, dan masyarakat sekitar Kampus Unpad pada khususnya, melakukan kegiatan-kegiatan sebagai wujud bakti mahasiswa terhadap masyarakat dan wujud kontribusi universitas pada umumnya terhadap masyarakat sekitar dimana institusi itu berada sebagai sebuah kewajiban dan mengarah pada terwujudnya desa binaan yang dikelola secara mapan dan berkelanjutan oleh mahasiswa.

  • Kementrian Lingkungan

Kementrian yang menangani berbagai hal tentang isu lingkungan baik di dalam kampus Unpad maupun lingkungan sekitar kampus khususnya FMIPA Unpad. Peka terhadap isu go green dan mempropagandakan kekalangan mahasiswa sehingga diharapkan Bem Kema FMIPA Unpad biss menjadi leading actor dalam menciptakan kampus Unpad yang aman, nyaman, bersih dan sehat. Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat menambah rasa peduli terhadap lingkungan, kebersiahan, dan kesehatan, serta melaksanakan kegiatan yang sifatnya dapat menjaga dan merawat lingkungan sekitar FMIPA Unpad.

  • Kementrian Kajian Strategis (kastrat)

Kementerian ini secara khusus mengkaji kebijakan-kebijakan kampus, publik nasional maupun daerah daerah yang berkaitan dengan mahasiswa dan khalayak ramai. Kementerian ini melakukan kajian strategis terhadap kebijakan kampus yang akan, sedang, maupun telah ditetapkan oleh birokrasi kampus dan stakeholder, serta melakukan penyikapan dan advokasi terhadap kebijakan-kebijakan kampus yang berkaitan dengan mahasiswa Unpad pada umumnya. Serta menumbuhkan dan meningkatkan jiwa kepedulian mahasiswa FMIPA Unpad terhadap permasalahan-permasalahan sosial dan politik agar dapat aktif, responsif terhadap permasalahan bangsa. Memberikan informasi-informasi mengenai isu-isu permasalahan sosial dan politik dengan harapan dan meningkatkan kepedulian dan pergerakan mahasiswa FMIPA Unpad.