MBCGS-Mathematics Battle Challange and Goes to Schools

Sesuai dengan namananya MBCGS, Mathematics Battle Challange and Goes to Schools, merupakan program kerja (Proker) yang berisi kegiatan Battle Challange yaitu perlombaan Matematika SMA tingkat Jawa Barat dan Goes to School yaitu pengenalan dunia matematika juga pengenalan Himatika Unpad kepada anak-anak SMA melalui Talk Show dan Presentasi. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Proker dari departemen Sosial Himpunan Mahasiswa Matematika Unpad 2015 (HIMATIKA) ini meningkatkan tingkat cakupan Battle Challange yaitu sampai tingkat wilayah Jawa Barat. Peningkatan cakupan wilayah dari tingkat wilayah bandung menjadi wilayah jawa barat ini memberikan efek positif dengan banyaknya peserta yang mengikuti lomba, yaitu ada 116 tim dimana jumlah 1 timnya terdiri dari 3 orang. Dari 116 tim yang mendaftar pada tanggal 1 September – 10 Oktober 2015 ini selanjutnya memasuki penyisihan dan hanya diambil 9 team terbaik. Penyisihan ini dilaksanakan di tiga kota yaitu, Bandung (SMA 8 Bandung), Bogor (SMA 1 Bogor) dan Cirebon (SMA 1 Cirebon). Dalam penyisihan ini juga kegiatan Goes to Shcool berupa talkshow dan presntasi pengenalan dunia matematika juga pengenalan Himpunan Mahasiswa Matematika dilaksanakan. Selanjutnya 9 team terbaik tersebut memasuki semi final yang selenggarakan di Bale Santika Universitas Padjadjaran.

Ada hal menarik dalam Semifinal Battle Challange yang di laksanakan pada hari Sabtu, 31 Oktober 2015 ini, yaitu sistem perlombaan menggunakan Mathrich. Matrich merupakan aplikasi seperti permainan monopoli online namun nama kota yang biasa digunakan dalam monopoli online dalam Matrich diganti menjadi bab-bab matematika yang nantinya ketika peserta mendapatkan bab itu maka Challange tentang bab itu akan muncul dan peserta harus memecahkan Challange itu dalam waktu yang telah di tentukan oleh sistem matrich, tentunya poin plus untuk team yang menjawab Challange dengan benar. Battle pada Mathrich dimainkan oleh 3 team dan peserta yang lolos yaitu tiga peserta yang mendapakan poin paling tinggi (Rich). Mathrich apps ini dibuat oleh Decky Dendi S, salah satu mahasiswa matematika dengan rentang waktu 5 bulan pengerjaan.

Berbeda dengan konsep semifinal yang menggunakan Mathrich. Pada final konsep yang digunakan yaitu konsep cerdas cermat yang menggunakan sistem babak. Terdapat empat babak pada final MBCGS yaitu babak khusus, babak lemparan, babak rebutan dan yang paling menarik yaitu babak tawar menawar dimana pada babak ini ketiga finalist akan tawar menawar waktu menjawab. Tim yang tawaran waktunya paling kecil, team tersebut yang akan mendapatkan hak untuk menjawab. Pemenang dari Battle Challange ini yaitu SMA PBBS Bandung peringkat kedua di dapatkan oleh SMA 3 Bandung dan peringkat ketiga dari SMA 3 Kuningan. Kegiatan yang bertujuan untuk bersosialisasi dan mengabdi kepada masyarakat ini juga di isi dengan penampilan-penampilan yang menarik dari KKM Himpunan Mahasiswa Matematika Unpad seperti KKM Band, Tari Saman, dan banyak yang lainnya. “Harapan dari MBCGS yaitu eksistensi matematika semakin berkembang, ikatan alumni semakin baik dan semoga selalu bisa terus mengabdi kepada masyarakat juga MBCGS terus berlanjut dan tingkat regionnya semakin meluas”-Ujar Narendra Ketua Pelaksana MBCGS saat di kunjungi di lapangan kerjanya.

_DSC0500Gambar 1. Juara 1 MBCGS 2015

_DSC0495

Gambar 2. Juara 2 MBCGS 2015

_DSC0488

Gambar 3. Juara 3 MBCGS 2015